zwani.com myspace graphic comments

Senin, 08 Juni 2009

Manfaat Senam Aerobik

Dahulu, kaum pria menganggap senam aerobik adalah olahraga untuk wanita saja dan menganggapnya kurang bermanfaat. Padahal tidak demikian halnya. Senam bermanfaat bagi siapa saja, pria maupun wanita baik tua maupun muda. Tetapi kini, baik pria maupun wanita, bersamasama melakukan senam aerobik demi kebugaran dan kegembiraannya. Senam aerobik telah menjadi sangat populer di Indonesia. Senam tersebut diiringi dengan musik kesenangannya dan irama musik menjadi panduan dari gerakan yang dilakukan. Mereka yang dahulu mengira senam aerobik merupakan olahraga ringan, setelah melakukannya sendiri merasa bahwa rnemang aerobik keras intensitasnya sehingga mereka menghargai seperti olahraga lain yang juga cukup keras intensitasnya. Oleh karena itu, ada berbagai dan beragam jenis senam, sehingga semua orang bisa memilih mana yang cocok untuk mereka. Apapun jenis latihan senam yang kita pilih, semuanya bermanfaat bagi tubuh yaitu untuk kesehatan, kebugaran, dan kecantikan. Syaratnya, latihan tersebut dilakukan dengan teratur, baik, dan benar.

Senam Low Impact
Sebenarnya Low Impact hampir sama dengan Senam Aerobic dalam variasi gerakannya. Hanya saja, dilakukan dengan irama low (rendah) yaitu lebih lambat. Dengan gerakan-gerakan dasar jalan, tidak ada loncatan sama sekali. Manfaat senam ini sama dengan Aerobic, yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan stamina tubuh. Karena sifatnya low, maka senam ini boleh dilakukan siapa saja yang masih mampu untuk melakukannya. rangtua maupun muda boleh melakukannya, karena variasi-variasi gerakannya sederhana dan mudah diikuti.
Body Language
Senam Body Language merupakan istilah dan tren baru dalam dunia persenaman. Senam ini muncul sekitar 3-4 tahun lalu. Jika diperhatian dengan seksama maka Body Language ini, bukanlah gerakan-gerakan senam yang baru. Body Language merupakan gabungan dari beberapa jenis senam yang sudah ada, antara lain senam pembentukan, senam nifas, dasar jazz, dan ballet. Body Language itu mengutamakan gerakan-gerakan untuk kelenturan dan pembentukan otot tubuh. Bila senam ini dilakukan dengan benar dan tepat, dapat menghasilkan bentuk tubuh yang indah dengan kelenturan yang baik, di samping untuk menjaga stamina. Body Language mengajarkan juga cara pernapasan baik yaitu mengombinasikan gerakan-gerakan senam dengan cara pernapasan yang benar. Hasilnya, stamina dan kesehatan tubuh yang baik. Selain itu, senam ini baik untuk wanita terutama mereka yang mempunyai problem dengan bentuk tubuh yaitu obesitas ataupun tidak proporsional, seperti bentuk bagian-bagian tubuh yang tidak serasi satu sama lain.
Manfaat Body Language akan kelihatan sekali apabila dilakukan secara benar dan teratur. Berbeda dengan Aerobic dan Low Impact yang mengutamakan gerakan-gerakan untuk pembakaran kalori atau untuk menurunkan berat badan. Kedua senam ini untuk pembentukan tubuh kurang bermanfaat atau kurang mengena. Untuk orang-orang yang ingin memperindah bentuk tubuh maka Body Language merupakan jawabannya. Body Language mengutamakan gerakan-gerakan yang bermanfaat, mengena langsung ke bagian otot-otot tubuh, sehingga akan terjadi pembentukan dan kelenturan otot sesuai dengan fungsi gerakan itu sendiri. Karena dilakukan dengan teknik yang benar serta kekuatan tenaga, maka akan terjadi pembakaran kalori.
Body Performance
Pada Senam Body Reformance, teknik gerakannya hampir sama dengan Body Language. Bedanya, gerakan-gerakan pada Body Language banyak berfokus pada daerah pinggang serta pinggul. Sedangkan Body Performance, sesuai namanya, yaitu untuk menampilkan tubuh. Jadi gerakangerakan yang dilakukan lebih merata pada seluruh bagian tubuh. Pada Body Language banyak dipakai dasar gerakan Senam Nifas & Pembentukan. Sedang senam Body Performance banyak memasukkan gerakan dasar ballet, jazz, dan lebih kepada kelenturan tubuh. Senam ini cocok untuk segala usia.
[Photo]Pada umumnya senam aerobik dilaksanakan selama satu jam dengan diiring musik yang sesuai dengan iramanya, senam acrobik dimulai dengan pemanasan selama 10 menit, dilanjutkan dengan latihan inti (senam acrobik) selama 40 menit dan kemudian dilanjutkan dengan pendinginan selama 10 menit. Alat-alat yang dibutuhkan dalam senam ini diantaranya sound system, kaset, dan karpet- karpet kecil agar jika melakukan gerakan melantai tidak sungkan, serta dumbell yang berguna untuk melatih kekuatan. Bisa juga bola2 kecil, tongkat, matras, kursi dll.
Senam aerobik yang berupa latihan-latihan must impact aerobic yakni separo waktu untuk low impact aerobic (benturan ringan: salah satu kaki selalu masih berada di lantai) dan separo waktunya untuk high impact aerobic (benturan keras: kedua kaki terlepas dari lantai) dimaksudkan agar peserta tidak cepat bosan. Jika kita melakukan 'baik high maupun low impact aerobik, maka kita menggunakan berbagai macam otot dalam badan kita. Diantaranya otot-otot kaki yang kita gunakan untuk melompat dan juga mengangkat badan serta otot-otot lengan yang menyebabkan jantung memompa lebih keras. Kombinasi low impact dan high impact dapat membantu memperbaiki daya tahan dan kondisi jantung serta peredaran darah kita.
Dengan latihan-latihan senam aerobik secara teratur akan memberi keuntungan bagi tubuh kita. Keuntungan tersebut terutama pada jantung dan paru-paru. Jantung kita dapat memompakan jumlah darah yang lebih banyak dan berdenyut lebih lambat. Paru-paru kita akan bertambah kapasitas pernapasannya, masuk dan keluar. Sementara mitokondria kita yakni komponen dari sel otot yang menyimpan oksigen dan mengeluarkan energi menjadi lebih besar dan banyak sehingga badan kita menjadi lebih efisien untuk membuang panas. Dengan senam yang teratur, badan menjadi segar. Segala keletihan setelah bekerja menjadi hilang. Terlebih lagi, daya tahan tubuh meningkat. Di samping itu, kegiatan olah raga ini juga dapat meningkatkan kebersamaan dan merupakan suatu rekreasi yang murah. Ikut senam secara teratur, tidur menjadi lebih enak, pusing-pusing di kepala menjadi hilang.
Untuk yang tidak terbiasa melakukan senam bersama lawan jenis, bisa mengikuti klub senam yang khusus wanita atau khusus muslimah. Kelebihan dari klub/studio/sanggar senam khusus wanita adalah adanya gerakan kewanitaan. Sedikit gambaran, latihan pada senam di klub senam khusus wanita:tahap awal senam (30 menit) merupakan gerakan high impacttahap kedua (20 menit) merupakan gabungan dari gerakan low impact, Body Language, Body Performance, Yoga dan Pilatestahap ketiga (10 menit) adalah gerakan pendinginan, bisa berupa line dance maupun gerakan di lantai[Photo]Dengan demikian jelas perbedaannya antara senam di tempat umum dengan senam di tempat khusus wanita. Namun tidak semua tempat sama dalam menerapkan teknik gerakan senam. Masing-masing tempat mempunyai kekhasan sendiri. Mengenai pakaian untuk senam, sebaiknya memakai pakaian yang khusus untuk senam aerobik sehingga gerakan tidak terganggu. Satu lagi, usahakan tidak berganti-ganti instruktur dalam latihan, hal ini menghindari cedera dan menunjang keberhasilan senam. So, ingin Sehat dan Cantik? Tunggu apalagi..

14 komentar:

  1. Salam kenal Sis
    Senam aerobik dengan senam body performance ini lebih mantap mna ya untuk bisa menjaga kebugaran tubuh?
    dan klo ada info baju senam wanita murah yang berkualitas mhon infonya ya? trims :)

    BalasHapus
  2. salam kenal sis
    apakah senam aerobic ini bileh diikute penderita darah tinggi?
    ada klo baju senam lg tren itu model apa ya?
    moga sukses

    BalasHapus
  3. Salam kenal sist...
    Info yang menarik loh... Numpang nanya yah.. Apakah boleh olahraga dilakukan rutin di akhir pekan saja? ada ga info mengenai baju senam muslim yang lagy trandy?

    BalasHapus
  4. salam kenal sis
    apa sih bedanya senam BL dg senam low impact?
    dan apakah sis tau dimana baju senam body image di daerah surabaya?
    trims :)

    BalasHapus
  5. Haloo sist
    Artikelnya Kerennn...Infonya sngat bermanfaat... Mau nanya sekalian
    Apa kelebihan Senam Aerobic jika di bandingkan dengan senam yg lain...dan untuk baju senam terbaru Buat aerobic yang bagus itu merk apa ya?
    moga sukses....

    BalasHapus
  6. Salam kenal
    mau tanya ni klo snam body language ini mulai populer di indonesia dr kpan yah ?
    oiya btw klo tmpt yg nyediain sepatu senam reebok yg trbaru dmna yah ?
    mksih, salam sukses :)

    BalasHapus
  7. salam kenal,,,,,
    kalo diantara jenis" senam di atas, senam apa ya yg paling efektif dalam menurunkan berat badan? dan kalo mau cari baju senam murah dengan bahan berkualitas itu di mana ya?

    BalasHapus
  8. salam kenal....
    hunting baju senam surabaya nih , referensinya dong min ?

    BalasHapus
  9. kak sigit triyono, lagi nyari baju senam daerah surabaya ya... ada referensi kak, didaerah Surabaya Timur Soetorejo, menyedikan bebagai merk baju senam, ada juga baju aerobik cystal

    BalasHapus
  10. manfaat dri senam aerobik sendiri itu apa yah ??? dan apakh hrus mggunkn bju senm khusus biar hsilny max. gtu ? klo ia dmna yah tmpt yg menyediakn baju senam murah ?? mkasih ??

    BalasHapus
  11. waahh banyak juga manfaat nya yaaa.... hmm ngomong2 Kalau di surabaya apakah ada informasi tentang sanggar senam yang favorit, dan dimana tempat yang menyediakan baju senam wanita disini?, trims infonya :)

    BalasHapus
  12. Salam Olahraga
    tmksh infonya sist, dalam senam aerobik ini apakah ada perbedaan gerakan antara cowok dengan cewek?
    dan apakah sanggar senam ini juga menyediakan baju senam cantik yang trendi?
    Salam sukses

    BalasHapus
  13. semangat pagi
    apakah low impact itu sama dg yoga? kalo d sanggar ada baju senam terbaru nya jga gk?
    makasih..

    BalasHapus
  14. Salam kenal sist
    Kira" dalam 2 minggu melakukan senam berat badan kita bisa turun gak sist

    BalasHapus