zwani.com myspace graphic comments

Rabu, 17 Juni 2009

Tips Mencegah Asam Urat

ASAM urat sebenarnya bukan tergolong penyakit mematikan. Ia bisa dicegah dengan bebrapa kiat sederhana. Tapi kalau sudah kadung kena, rasanya sangat terganggu gerak badan. Disamping sangat menyiksa, karena menimbulkan rasa sakit persendian, juga bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Berikut ini beberapa kiat pencegahan asam urat :

1. Hindari makanan yang tinggi purin
Makanan yang tegolong sangat tinggi purin adalah usus, hati, paru, jantung, pankreas, otak, babat, emping melinjo, kerang, kepiting, cumi-cumi, udang, kaldu, dan sarden.

Sementara menu makanan enak dengan kandungan purin golongan 'sedang' adalah kacang tanah, kacang hikau, kedelai, kacang polong, buncis, kacang panjang, toge, oncom, tempe, tahum bir, tape, bayam, kangkung, daun singkong, asparus, kembang kol, nanas, durian, brokoli, daging, ayam, daging sapi, dan ikan. Adapun menu randah urin adalah telur, susu, keju, buah-buahan. Disamping itu juga menghindari makanan atau minuman yang menggunakan ragi, misalnya roti, tape, brem, aoem, dan minuman beralkohol.

Wah.. kiat yang pertama ini cukup berat juga ya, masa kita tidak boleh makan enak, yang penting harus berusaha imbangi pola makan anda dengan pola olah raga yang teratur untuk pembakaran lemak dan mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

2. Banyak minum air putih

asam urat yang tidak terpakai oleh tubuh akan dikeluarkan melalui air seni. Olah karena itu perbanyak minum air putih. Dengan banyak minum, tentu akan sering buang air seni, sehingga kristal-kristal asam urat akan ikut terbuang. Dalam sehari usahakan minum minimal 2,5 liter air putih atau sekitar 10 gelas.


3. Jangan memporsir kerja

Bagi yang pernah menderita asam urat tinggi, hindari kondisi tubuh terlalu lelah. Sebab pada orang-orang tertentu, kelelahan membuat metabolisme tubuh terganggu sehingga kadar asam urat darah meningkat.


4. Tidak sembarangan minum obat

Bila memiliki riwayat penyakit ginjal, jangan sembarangan minum obat. Sebab obat-obatan tertentu bisa mempengaruhi fungsi ginjal. Fungsi ginjal yang terganggu membuat metabolisme tubuh terganggu. Jika itu terjadi asam urat dalam tubuh bisa meningkat.


1 komentar:

  1. www,pokers128,net adalah salah satu Agen Poker yang menawarkan jasa untuk penukaran chips secara online. Segera bergabung bersama www,pokers128,net dan rasakan sensasi pelayanan yang istimewah sehingga sebagai member setia www,pokers128,net anda akan merasakan nyaman dengan Customer Servis kami yang siap melayani semua keluhan anda. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus