Senin, 08 Juni 2009

Film Komedi Bagi Kesehatan

Pecinta film komedi? Berbahagialah. Karena ternyata menikmati film komedi sangat baik untuk kesehatan jantung, begitulah hasil penelitian terbaru.

Tim peneliti dari Universitas Maryland, AS meneliti 20 orang dewasa sehat untuk menyaksikan 15-30 menit film sedih dan porsi yang sama untuk film komedi dua hari kemudian. Salah satu film komedi yang ditonton ialah film komedi Ben Stiller dan Cameron Diaz “There’s Something About Mary”.

Ternyata pada saat mereka menonton film komedi, 19 dari 20 orang tersebut mengalami peningkatan dalam aliran darah mereka sehingga menjadi lebih lancar. Secara mengejutkan, cara kerja film komedi pada tubuh ketika penontonnnya tertawa dan terhibur, kurang lebih sama dengan cara kerja sebuah obat untuk perawatan jantung bernama ed statins.

Namun ketika film yang diputar adalah film perang yang mengandung kesedihan seperti “Saving Private Ryan”, maka efek yang terjadi ialah sebaliknya.

Menurut tim ini, tertawa spontan sambil menonton dapat membuat arteri melebar. Sedangkan stress karena film sedih bisa membuat arteri penyempit. Perbedaan lebar arteri itu sampai lebih dari 50%. Bahkan menurut tim, menyaksikan film komedi setara dengan melakukan latihan aerobik. Karena itu pemimpin penelitian Dr Michael Miller menyarankan para penikmat film komedi untuk tidak beralih hobi.

Selama studi, para peserta diminta untuk tidak mengkonsumsi alkohol, minum vitamin atau obat-obatan apapun (tidak juga yang tradisional), tidak olahraga atau melakukan apapun yang dapat mempengaruhi aliran darah.

Pengukuran aliran darah diambil sebelum menonton dan satu menit setelah menonton. Yang diambil ialah aliran darah dari pundak ke siku yang dapat menjadi indikator dari aliran darah seluruh tubuh.

Para peneliti makin yakin bahwa kondisi yang bahagia sangat berpengaruh untuk membuat orang sembuh dari sakit separah apapun, terutama menyangkut jantung. Penelitian selanjutnya akan dilakukan, namun untuk sementara mereka menyarankan: go have yourself a good laugh in the movie theatre and be healthy!

1 komentar: